Rabu, 07 Juni 2017

Manfaat Daun Nanas Kerang Untuk Kesehatan

DAUN NANAS KERANG
===================>
Daun nanas kerang lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias oleh pemilik rumah. Maka tak jarang banyak dari mereka yang tidak mengetahui khasiat daun ini untuk kesehatan padahal daun nanas kerang kaya akan khasiat serta manfaatnya bahakan di anatara salah satu ,manfaatnya yang istimewa yaitu memiliki kesamaan manfaat dengan Titan Gel yaitu selain di gunakan untuk memperindah halaman runah daun nanas kdrang ini juga memiliki khasiat mampu mempaerkasa stamina =daya tahan tubuh juga mampu memperkasa sistem kinerja jaringan organ vitalitas. Tanaman nanas kerang bisa hidup subur di Indonesia karena tanaman ini sangat cocok tumbuh di daerah tropis dengan dua musim. Tanaman ini tidak mencapai 1 meter untuk tubuh. Struktur tanamannya sangat simpel, yaitu daun yang dihubungkan dengan akar.

Setiap tumbuhan atau tanaman memiliki fungsinya masing masing, salah satunya  tumbuhan nanas kerang. Tumbuhan yang memiliki nama latin Tradescantia spathacea  ini dapat dengan mudah diwilayah Indonesia karena memiliki iklim tropis dan dapat dengan mudah mendapatkan asupan air dan tanah yang lembab.

Beberapa Manfaat Nanas Kerang dan Cara Memanfaatkannya

Dari kandungan yang ada di dalamnya, nanas kerang memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai berikut :

1. Obat batuk

Khasiat daun nanas kerang yang pertama yaitu sebagai daun yang berkhasiat dalam meredakan batuk. Daun ini akan membantu mengobati batuk berdahak maupun tidak berdahak yang menyerang tubuh Anda.

2. Mengatasi flu

Khasiat daun nanas kerang juga bagus untuk mengatasi flu. Daun ini punya senyawa anti virus yang cocok untuk mengusir virus yang menyebabkan Anda flu. Penyakit ini pun dapat disembuhkan dengan lebih mudah.

3.  Menghilangkan memar atau bengkak akibat benturan.

Selain dapat mengatasi bagian tubuh yang terkilir, daun nanas kerang juga dapat mengatasi bagian tubuh yang memar. Caranya sama dengan memanfaatkan daun nanas kerang untuk bagian tubuh yang terkilir. Beberapa helai dan nanas kerang yang sudah dicuci bersih kemudian di haluskan dan dibalurka pada bagian tubuh yang mengalami memar atau bengkak. Lakukan beberapa kali hingga bagian tubuh yang memar sembuh seperti sedia kala.

4. Mencegah mimisan

Khasiat daun nanas kerang ampuh untuk mencegah mimisan. Daun ini akan menghambat keluarnya darah yang akan keluar dari dalam hidung sehingga tidak akan menimbulkan mimisan. Kandungan di dalamnya tidak akan menimbulkan efek samping.

5. Anti diare

Khasiat daun nanas kerang dapat membantu Anda untuk mengatasi diare. Daun ini berfungsi sebagai anti bakteri yang ampuh untuk membunuh semua jenis bakteri yang menyebabkan penyakit diare di dalam pencernaan Anda.

6. Meringankan sakit TBC dan mimisan.

TBC merupakan salahsatu penyakit yang cukup berbahaya yang sering menyerang masyarakat umum dan disebabkan oleh bakteri. Biasanya, orang yang menderita TBC selalu mengkonsultasikan pada dokter dan pihak medis ketika penyakit ini menyerang. Namun, mungkin dapat juga dicoba mengatasi penyakit TBC ini menggunakan rebusan daun nanas kerang. Rebusan beberapa helai daun nanas kerang dan meminum air rebusannya dapat meringankan penyakit TBC. Selain TBC, rebusan daun nanas kerang juga dapat mengatasi mimisan yang sebabkan pecahnya pembuluh darah.

7. Obat ambeien

Selain wasir, daun nanas kerang dapat juga mengatasi penyakit ambeien. Daun ini akan meredakan gejala ambeien yang membuat nyeri dan mencegahnya kambuh kembali. Tentunya juga perlu dibarengi dengan pola makan yang teratur.


Nanas kerang mempunyai rasa manis dan bersifat sejuk. Kandungan bahan kimia dalam nanas kerang masih belum banyak diketahui. Sementara itu, efek farmokologis nanas kerang, diantaranya anti radang, memlihara paru-paru, mencairkan dahak, anti batuk, anti diare, dan membersihkan darah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bunga dan daun nanas kerang baik segar atou kering dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Bronkhitis, batuk rejan, batuk berdahak, flu dan disentri amuba

Rebus 20-30 kuntum bunga nanas kerang dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

TBC kelenjar dan mimisan

Cuci bersih 15-30 g daun nanas kerang, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Acute bronchitis dan muntah darah

Rebus 10 helai daun nanas kerang segar atou 20-50 kuntum bunga nanas kerang kering, gula enau dan air secukupnya. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Manfaat dan Khasiat Daun Nanas Kerang Lainnya:

    Menyehatkan pencernaan
    Obat berak berdarah
    Baik untuk pernapasan
    Melancarkn pencernaan
    Baik untuk usus dan lambung


Tanaman nanas kerang lebih mirip seperti pandan namun berbeda pda warna daunnya. Jika daun pandan berwarna hijau, daun nanas kerang memiliki kombinasi warna dengan hijau dan merah di bagian pinggirnya. Daun nanas kerang sudah disebut sebagai daun herbal yang menyehatkan karena kandungan alami di dalam daun ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan dan menyingkirkan berbagai macam penyakit. Itulah mengapa daun ini bisa digunakan sebagai daun herbal.


Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Nanas kerang mempunyai rasa manis dan bersifat sejuk. Kandungan bahan kimia dalam nanas kerang masih belum banyak diketahui. Sementara itu, efek farmakologis nanas kerang, di antaranya antiradang, memelihara paru-paru, mencairkan dahak, antibatuk, antidiare, dan membersihkan darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga dan daun nanas kerang baik segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

    Mengobati Bronkhitis, Batuk Rejan, Batuk Berdahak, Flu, dan Disentri Amuba.

    Rebus 20-30 kuntum bunga nanas kerang dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.
    Mengobati TBC Kelenjar dan Mimisan.

    Cuci bersih 15-30gr daun nanas kerang, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.
    Mengobati Acute Bronchitis dan Muntah Darah.

    Rebus 10 helai daun nanas kerang segar atau 20-50 kuntum bunga nanas kerang kering, gula enau, dan air secukupnya. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
    Mengobati Berak Darah (melena).

    Rebus 10-15 helai daun nanas kerang segar atau 20-50 kuntum bunga nanas kerang kering dan gula enau dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.


Nanas kerang adalah salah satu jenis tanaman obat yang biasa digunakan atau dimanfaatkan sebagai tanaman hias oleh kalangan masyarakat. Tumbuhan ini diduga berasal dari Meksiko dan Hindia Barat. Namun untuk sekarnag ini, nanas kerang bisa didapat dengan mudah di daratan Indonesia sebab tumbuhan nanas kerang ini bisa tumbuh bagus di daerah yang mempunyai tanah lembab dan cukup air.

Nanas kerang masih tergolong dalam kerajaan Plantae, keluarga Commelinaceae dan mempunyai nama latin Rhoeo discolor (L.Her.) Hance. Sehingga nanas kerang ini juga sering dibilang termasuk dalam suku gawar-gawaran. Daun nanas kerang lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias oleh pemilik rumah. Maka tak jarang banyak dari mereka yang tidak mengetahui khasiat daun ini untuk kesehatan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI